SENSASI MENIKMATI ROTI ABON GULUNG KHAS MANOKWARI

290
0
Share:
SENSASI MENIKMATI ROTI ABON GULUNG KHAS MANOKWARI

www.an.tv – Manokwari, ibukota provinsi Papua Barat memang tidak seluas kota-kota besar lainnya yang ada di Pulau Jawa. Tetapi jangan salah, Manokwari ternyata punya kuliner khas yang jarang kita temui di kota lain, namanya roti abon gulung. Kali ini saya ajak anda mengulas sensasi di balik lezatnya roti abon gulung khas Manokwari.

Roti abon gulung asli dan pertama di Manokwari, adanya di Hawai Bakery and Coffee Shop. Sepintas, roti ini memang terlihat tidak jauh berbeda seperti roti abon pada umumnya. Tetapi untuk rasa, roti abon gulung Manokwari memiliki cita rasa yang khas. Dan ..  siapa sangka, meskipun asli Manokwari tetapi ide membuat dan pemilik dari roti abon gulung di Hawai Bakery ini justru keturunan Chinese lho.

Bicara soal rasa, enaknya roti abon gulung khas Manokwari ini tercipta dari bahan bahan seperti tepung, gula, telur, dan susu yang dicampur. Bahan tersebut kemudian diaduk hingga menjadi adonan yang kalis. Setelah kalis, adonan dibiarkan mengembang sekitar dua puluh menit. Selanjutnya, adonan ditimbang.  Gunanya ditimbang adalah agar ukuran setiap rotinya sama. Setelah ditimbang, adonan dituang sesuai ukuran loyang, ada yang besar dam ada pula yang kecil. Adonan di loyang kemudian diratakan oleh tangan.

Oia untuk pembuatan roti abon gulung di Hawai Bakery ini melibatkan puluhan karyawan, sehingga tidak heran proses perataan adonan yang dilakukan serentak oleh puluhan karyawan itu membuat suasana dapur pun jadi gaduh, hehehe… Selain itu yang terpenting, jangan lupa beri sedikit mentega agar sarung tangan tidak lengket saat mencetak adonan. Saat mencetak, pastikan mencetaknya rata dengan loyang dan tidak bolong-bolong. Hal itu penting agar hasil roti lebih sempurna.

Membuat roti abon gulung ini memang gampang gampang susah tetapi akan puas ketika sudah menikmati hasil jadinya, yang begitu enak, kenyal dan khas. Apalagi banyak varian rasa dari roti abong gulung. Selain yang original, ada juga dengan berbagai isian seperti ayam, tuna, sosis, cokelat, keju dan kacang almond.

Roti Abon Gulung Rasa Keju (foto: viva.co.id)

Baik yang original maupun yang isi rasa, cara pembuatannya sama. Hanya saja, untuk adonan yang telah diberi isi selanjutnya dipanggang dengan suhu dua ratus sepuluh derajat celcius, selama sepuluh menit. Dan .. yang membuat roti ini enak adalah mayonaise yang dibuat sendiri. Yaa mayonaise buatan sendiri ini dibuat dari telur, minyak jagung, serta lada dan garam.

Terakhir, jika roti yang dioven sudah matang selanjutnya roti dipotong menjadi dua bagian dulu sebelum dilumuri abon yang melimpah. Setelah semua roti selesai dilumuri abon, proses selanjutnya adalah pengepakan. Pengepakannya pun sangat rapi, mengingat roti abon gulung sering dibawa untuk oleh-oleh sehingga kualitas roti tetap terjaga dan bisa tahan hingga empat hari lho.

Saking enak dan larisnya,  Hawai Bakery and Coffee shop ini memproduksi enam ratus loyang per-harinya. Hmmm.. banyak juga ya? Bagaimana, kalian tertarik mencicipi sensasi lezat roti abon gulung? Jangan lupa membelinya sebagai oleh oleh jika kalian mampir ke Manokwari yaa. Dijamin nagih deh.. hehehe

Written by : Restu Wulandari

Share: