I’tikaf di Masjid Perut Bumi di Bulan Suci Ramadhan

257
0
Share:
masjid perut bumi 1

www.an.tv – Masjid pada umumnya dibangun megah di atas permukaan tanah, namun di Tuban, Jawa Timur, sebuah masjid dibangun di dalam goa bawah tanah. Keunikan ini membuat tempat ibadah yang kerap disebut masjid perut bumi ini menjadi destinasi wisata religi. Setiap hari ratusan bahkan ribuan wisatawan dari pelosok negeri datang mengunjunginya.

Pecinta wisata religi mungkin sudah tidak asing dengan masjid satu ini, yaitu Masjid Perut Bumi Tuban, atau Masjid Ashabul Kahfi.  Masjid unik yang menjadi salah satu tujuan wisata religi umat muslim ini terletak di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

masjid perut bumi 5

Sesuai namanya, bangunan masjid ini berada di dalam perut bumi, tepatnya di dalam goa bawah tanah, pada kedalaman sekitar dua puluh meter. Namun pengunjung tidak perlu khawatir terjadi longsor,  sebab dinding dan atap gua telah diperkuat dengan beton, sehingga mampu menopang beban di atasnya. Untuk menghilangkan kesan seram, pengurus masjid menghias dinding goa dengan berbagai kaligrafi dan hiasan berbahan batu marmer. Beberapa lampu warna-warni juga dipasang pada sudut dan atap gua, sehingga menambah indah pemandangan dalam perut bumi.

Hampir setiap hari masjid bawah tanah ini tidak pernah sepi pengunjung. Tak hanya berasal dari wilayah Tuban, pengunjung juga datang dari seluruh penjuru tanah air, seperti Jakarta, Banten, Madura, Sumatera hingga Sulawesi. Mereka biasanya merupakan rombongan jamaah wisata religi. Selain berdoa dan istigosah bersama , pengunjung juga bisa berfoto-foto bareng keluarga di masjid ini. Terdapat beberapa tempat indah untuk dijadikan spot berfoto. Mereka yang datang pun takjub dengan keindahan gua ini. Lokasi berdirinya masjid perut bumi ini dulunya merupakan tempat pembuangan sampah. Pada tahun 2002,  seorang ulama bernama Kiyai Subkhan Mubarok membersihkan tumpukan sampah yang menutupi lubang gua.

“Berkat usaha dari Kiyai Subkhan Mubarok, masjid artistik  yang unik ini akhirnya berdiri lengkap dengan berbagai fasilitas dakwah dan mengaji, “ ujar pengurus Masjid Perut Bumi, Muhammad Zarkasyi.

masjid perut bumi 3

Di bulan Ramadhan, biasanya para peziarah dari berbagai daerah berdatangan. Terutama saat pertengahan dan menjelang akhir bulan Ramadan.  Mereka sengaja memanfaatkan momentum Lailatul Qadar untuk beritikaf  di Masjid Perut Bumi. Selain peziarah dalam negeri, ada juga peziarah yang berasal dari luar negeri , seperti Malaysia, Singapura, Prancis, Saudi Arabia dan Mesir.

Penasaran akan keindahan masjid bawah tanah ini? Jika Anda melintas jalur pantura Tuban, Jawa timur,  mungkin tak ada salahnya mampir di Masjid perut bumi ini.

Laporan Hartono Ranggalawe dari Tuban, Jawa Timur.

Share:

Leave a reply