Hawa Mahal, Sang Istana Angin Landmark Kota Jaipur India

735
0
Share:
Hawa Mahal, Istana Angin Landmark Kota Jaipur India

Masih membahas tentang wisata kota Jaipur di India, ada satu bangunan yang wajib kamu kunjungi saat berkunjung ke Japiur India. Kota berjuluk Pink City ini punya bangunan unik yang jadi landmark andalannya. Hawa Mahal banyak dijadikan tujuan utama saat berwisata ke kota Jaipur India karena daya tarik arsitekturnya. Istana ini dibangun pada tahun 1799 atas perintah Maharaja Sawai Pratap Singh dan didesain oleh Lal Chand Usta sebagai tempat peristirahatan musim panas untuk dia dan keluarganya. Secara harfiah Hawa Mahal memiliki arti Istana Angin. Julukan ini diberikan karena angin bisa berhembus dengan bebas ketika jendela-jendela dibuka.

Hawa Mahal, Istana Angin Landmark Kota Jaipur India

Didominasi warna merah muda dengan banyak jendela menjadikan bangunan ini sangat unik

Bangunan berstruktur lima lantai ini mengadopsi desain berbentuk mahkota Dewa Krishna. Hawa Mahal dibangun dari batu pasir merah muda, tak ayal warna bangunannya di dominasi warna merah muda bata. Perpaduan keindahan arsitektur Hindu dan arsitektur Islam yang kental serta desainnya yang unik membuat siapapun akan terkesima saat pertama kali melihatnya. Jika diperhatikan bentuk bangunannya, banyak sekali deretan jendela kecil. Jendela juga berfungsi sebagai sirkulasi udara karena dapat mengalirkan udara dingin di seluruh istana, sehingga tetap nyaman di huni saat musim panas.

Hawa Mahal, Sang Istana Angin Landmark Kota Jaipur India

Desain bangunan yang mengadopsi bentuk mahkota Dewa Krishna

Menurut sejarah, banyaknya jendela serta bangunannya yang menghadap ke arah jalan utama ditujukan untuk memfasilitasi wanita kerajaan agar tetap bisa melihat kehidupan sehari-hari di sekitar melalui jendela karena mereka tidak diperbolehkan muncul di depan publik. Jika dilihat dari jauh, semua jendela tampak seragam namun jika diamati dari dekat ternyata ada bagian yang tidak mirip. Seperti semacam ilusi optik yang membuatnya terlihat tampak simetris di berbagai sisi. Inilah yang mungkin dikatakan serupa tapi tak sama.

Saat ini Hawa Mahal dikelola oleh Departemen Arkeologi Pemerintah Rajasthan dan difungsikan pula sebagai museum arkeologi. Untuk menikmati keindahannya secara lengkap kamu bisa melihatnya dari seberang jalan. Pengunjung diperbolehkan naik sampai ke atas bangunan untuk bisa melihat pemandangan indah dari jendela. Tapi jika kamu yang berminat masuk, siapkan uang sebesar 50 rupee. Dan perlu di catat, Hawa Mahal hanya buka dari pukul sembilan pagi hingga setengah lima sore. Jadi, jangan lupa masukan Hawa Mahal dalam list destinasi wisata tujuan saat kamu berkunjung ke India ya.

Share:

Leave a reply