Belajar Bahasa Arab ‘Tekwe’ di Kampung Arab Kebumen

458
0
Share:
kp-arab-1

www.an.tv – Anda ingin fasih berbicara menggunakan bahasa Arab? Nah, datang saja ke Pondok Pesantren Al-Istiqomah, di Desa Tanjungsari, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen,  Jawa Tengah. Dengan menggunakan modul ‘tekwe’ alias praktek dewe (praktek sendiri) dijamin 14 hari Anda akan fasih berbicara menggunakan bahasa Arab. Dalam berbagai aktivitas keseharian warga dan para santri di pondok pesantren Al-Istiqomah, di Desa Tanjungsari, Kecamatan Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah ini selalu menggunakan bahasa Arab.  Disini Anda akan melihat sebagian besar warganya dalam beraktivitas sehari-hari berbicara menggunakan bahasa Arab. Di desa yang mayoritas warganya adalah petani ini sudah satu tahun diresmikan oleh bupati setempat, menjadi  Kampung Arab satu-satunya di Kebumen, Jawa Tengah.

kp-arab-4-belajar

Para santri sedang belajar bahasa Arab

Kini setelah berjalan selama satu tahun,  warga dan para santri mulai terlihat hampir semuanya dalam beraktivitas sehari-hari selalu menggunakan bahasa Arab, baik di dalam pondok maupun aktivitas bersama warga sekitar pondok. Tak ketinggalan warganya pun perlahan mulai bisa berbicara bahasa Arab.

Aniffudin, salah satu santri di Pondok Pesantren Al-Istiqomah mengaku senang dengan adanya kampung Arab ini. “Proses belajar bahasa Arab disini sangatlah mudah, karena setiap teori yang diberikan oleh guru langsung dipraktekkan dalam kegiatan sehari-hari, “ ujar Aniffudin, yang baru setahun menjadi santri.

kp-arab-2

Aktifitas sehari-hari menggunakan bahasa Arab

Salah satu guru, Ali Muin Amnur sekaligus pembina bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Istiqomah mengatakan, proses belajar berbicara menggunakan bahasa arab tidak menggunakan tata bahasa formal,  disini hanya mengandalkan pola muhadasah atau conversation.  “Di lingkungan pesantren ini hanya belajar menggunakan bahasa arab pasaran, yang tata bahasanya biasa digunakan dalam sehari-hari, tidak berpedoman pada kitab, “ kata Ali Muin Amnur selaku guru Pembina bahasa Arab.

“Belajar bahasa Arab disini adalah  dengan menggunakan modul ‘tekwe’ alias praktek dewe (prak tek sendiri dan dijamin empat belas hari akan fasih berbicara menggunakan bahasa Arab,” ujar Ali menambahkan.    Di bulan ramadhan ini aktivitas belajar bahasa Arab para santri pun meningkat. Jika di hari biasa hanya dua jam, di bulan Ramadhan ini menjadi empat jam.

kp-arab-3

 

Di Kampung Arab ini juga menyediakan paket belajar bahasa Arab dengan fasilitas homestay dan makan selama setengah bulan dengan biaya Rp.300.000 saja. Nah, jika  Anda tertarik belajar bahasa Arab dengan cepat, datang saja ke Kampung Arab Kebumen.

Laporan Wahyu Kurniawan dari Kebumen, Jawa Tengah.

Share:

Leave a reply