Tanda-Tanda Kanker Ovarium Yang Harus Kamu Waspadai!!!

0
Share:
kanker ovarium

www.an.tv – Kanker ovarium telah dikenal sebagai salah satu “silent killer”, yaitu penyakit mematikan yang timbul hampir tanpa memiliki gejala awal. Akan tetapi meskipun tidak memiliki banyak indikator yang jelas seperti kanker payudara atau kanker kulit, bukan berarti para wanita yang menderita penyakit ini tidak memiliki gejala apapun.

Seperti dilansir dari womenshealthmag.com, seorang profesor di departemen onkologi ginekologi dan kedokteran reproduksi di MD Anderson Cancer Center ayng bernama Shannon Westin, M.D. menyatakan bahwa “Ada banyak gejala yang dapat dimiliki pasien namun tidak spesifik,” Mengabaikan tanda-tanda dari penyakit tersebut dapat memungkinkan berkembangnya penyakit ini, sehingga akan lebih sulit untuk diobati bila terdeteksi.

kanker ovarium

Bahkan menurut American Cancer Society, kanker ovarium merupakan penyebab kelima kematian pada wanita di negara tersebut dan angka kematian akinbat penyakit ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan angka kematian yang disebabkan oleh kanker sistem reproduksi wanita lainnya. Jadi sangat penting bagi kita para wanita untuk bisa mengetahui tanda-tanda penyakit tersebut.

Gejala Kanker Ovarium

ANTVLovers menurut Deborah Linder, MD , chief medical officer of Bright Pink, chicago mengatakan bahwa “ para wanita harus mengerti gejala apa dan perhatikan jika mereka melihat ada yang salah.” Menurutnya ada beberapa gejala kanker ovarium yang wajib kita waspadai, seperti :

  • Sakit perut
  • Mual
  • Merasa kenyang lebih cepat dari biasanya
  • Tidak dapat mengkonsumsi makanan sebanyak hari-hari sebelumnya
  • Perut terasa kembung
  • Sering buang air kecil
  • Sembelit
  • Nyeri saat bersenggama
  • Mulas

Melihat gejala-gejala di atas, mungkin hampir sama dengan gejala yang timbul saat kita mengalami iritasi pada usus. Hal itulah yang menyebabkan penyakit berbahaya ini baru dapat terdeteksi saat sel-sel kanker sudah menyebar dalam tubuh kita. Menurut Mian M. K. Shahzad, M.D., Ph.D., seorang ahli onkologi ginekologi di Moffitt Cancer Center, Florida Amerika Serikat menyatakan sangat penting bagi kita untuk selalu memperhatikan frekuensi dan intensitas dari gejala yang dirasakan. Misalnya jika kita memiliki nyeri panggul yang terjadi sekali lalu Anda mengalaminya lagi bisa menandakan adanya kista ovarium. Sedangkan jika timbul nyeri pada pelvis dengan frekuensi lebih dari 12 kali dalam sebulan  dengan gejala yang dimulai dalam kurun waktu satu tahun yang telalh lalu, maka ada baiknya jika Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Linder menambahkan bahwa jika Anda memiliki beberapa gejala tersebut dan mereka bertahan selama dua minggu atau lebih, sudah waktunya bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Share:

Leave a reply