Melihat Spesies Kadal Terbesar Di Pulau Rinca

Share:

www.an.tv – Beberapa waktu yang lalu, Reporter ANTV Erlang Purbaya berkunjung ke salah satu pulau yang masuk dalam Kawasan Taman Nasional Komodo adalah Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur. Selain terkenal oleh keindahan alamnya, ternyata di Pulau Rinca kita juga dapat melihat salah satu spesies kadal terbesar di dunia, yaitu Komodo.

Awal maret tahun ini, saya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Pulau Rinca. Untuk menuju Pulau Rinca , saya menggunakan kapal sewaan dari Pelabuhan Labuan Bajo. Perjalanan menuju kesana dapat ditempuh sekitar 2 hingga 3 jam hingga berlabuh di dermaga Loh Buaya. Dari dermaga Loh Buaya, pengunjung harus berjalan kaki menuju pos penjagaan yang nantinya akan dipandu oleh seorang Ranger  untuk menjelajahi dan menelusuri jejak komodo di Pulau Rinca.

Penelurusuran saya bersama Andee kefi di Pulau Rinca

Pulau yang merupakan salah satu bagian dari gugusan kepulauan Komodo ini, ternyata juga merupakan habitat asli komodo dengan populasi terbanyak kedua setelah pulau Komodo. Pulau ini juga merupakan bagian dari situs warisan dunia UNESCO, karena termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersamaan dengan Pulau Komodo, Pulau Padar dan Gili Motang.

Andee Kefi, salah seorang Ranger yang saya temui menuturkan, luas Pulau Rinca lebih kecil dibandingkan dengan Pulau Komodo yaitu sekitar 198 kilometer persegi dan ada sekitar 1500 Komodo yang hidup di Pulau Rinca. Selain Komodo, di Pulau Rinca juga juga hidup berbagai jenis binatang seperti monyet, babi liar, kerbau dan burung.

1 2
Share:

Leave a reply