Sendratari Ramayana Puluhan Tahun Melestarikan Budaya Bangsa

0
Share:
sendratari ramayana 1

www.an.tv – Mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Indonesia juga dilakukan para seniman dan seniwati wayang orang di Kota Yogyakarta. Puluhan tahun mereka terus mementaskan panggung sendratari Ramayana di Kompleks Purawisata, Dipowinatan demi menjaga kelestarian seni tradisi. Selama itu pula para seniman ini bergelut di bidang kesenian pementasan kisah Rama dan Shinta setiap malam.

Panggung Sendratari Ramayana ini selalu digelar setiap malam di Purawisata Amphi Theater di Kompleks Purawisata atau Mandiri Buraga Kampung Dipowinatan, Yogyakarta. Kisah Rama Shinta ini telah dipentaskan selama 41 tahun dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Ditampilkan setiap malamnya sejak tahun 1976 hingga meraih rekor Muri tahun 2001 karena konsisten menjaga nilai luhur dengan menampilkan pertunjukan budaya selama 41 tahun terus menerus.

sendratari ramayana 2

Sendratari Ramayana mengisahkan tentang cinta sejati Rama dan Shinta. Namun kemurnian cinta Shinta diuji oleh waktu. Seorang raja bernama Dasamuka hendak menodainya dengan upaya menculik shinta. Namun dibantu oleh adik Rama, yang bernama Lesmana, Sang burung Jatayu dan pasukan kera yang dipimpin kera putih hanoman, akhirnya shinta bisa dibebaskan dari belenggu nafsu Dasamuka.

Kisah cinta ini berakhir tragis karena Shinta membuktikan dirinya masih suci di hadapan Rama dan Lesmana dengan membakar diri.

Para pemain wayang orang inilah yang menghidupkan lakon Ramayana di atas panggung Purawisata, sebagai bentuk pengabdian mereka terhadap budaya bangsa.

“Bagi para seniman dan seniwati di Yogyakarta, pementasan Sendratari Ramayana ke 41 tahun ini merupakan bentuk perjuangan dan pengabdian mengisi cita-cita Kemerdekaan 17 agustus 1945, “ujar Ulla Nuchrawaty, Direktur Utama Mandiri Buraga Purawisata.

Selama itu dari generasi ke generasi Sendratari Ramayana terus dipertahankan dan dilestarikan, sebagai upaya mempertahankan kedaulatan budaya bangsa. Dengan pentas setiap malam, mereka tetap mempersembahkan maha karya seni adiluhung. Kiprah Sendratari Ramayana mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, pengunjung maupun wisatawan yang menyaksikannya.

Pihak pengelola Purawisata berharap, Sendratari Ramayana menjadi ikon wisata di Yogyakarta dan mendunia. Selain menggandeng pelaku wisata dan budaya, seniman, media massa hingga komunitas kuliner dan perhotelan di Komplek Purawisata juga dipentaskan berbagai seni pertunjukan untuk menyambut wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Laporan Nuryanto dari Yogyakarta.

Share:

Leave a reply