Langkah Mudah Mengamankan Data Perangkat Mobile

0
Share:
data Perangkat Mobile

www.an.tv – Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat membuat ponsel pintar (smartphone) semakin kaya akan fitur canggih. Kini, ponsel banyak digunakan untuk menyimpan informasi penting, baik yang bersifat pribadi maupun terkait pekerjaan. Seperti, nomor kartu kredit, pesan teks, kontak, foto, kata sandi, perangkat lunak penelusuran lokasi, serta rincian mengenai perilaku dan riwayat pencarian mengenai perilaku dan riwayat pencarian para pengguna. Tantangan yang muncul adalah bagaimana menjamin keamanan informasi tersebut? berikut adalah beberapa langkah mudah yang dapat anda lakukan untuk mengamankan data perangkat mobile ANTVLovers :

1. Data Perangkat Mobile: Meningkatkan Keamanan Penggunaan Perangkat Mobile

Dimana setiap perangkat perlu proteksi untuk menjaga keamanan data pribadi maupun pekerjaan. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, seperti menggunakan kata sandi yang kuat, memperhatikan data pribadi saat mengakses koneksi WIFI di area publik, dan menerapkan best practices pengamanan fisik perangkat, termasuk menggunakan fungsi penguncian perangkat dan mengganti kata sandi secara berkala.

2. Data Perangkat Mobile: Lakukan Pemisahan Terhadap Penggunaan Perangkat Mobile Yang Bersifat Pribadi dan Bisnis

Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi masalah pada perangkat mobile anda, seperti terkenanya virus pada perangkat mobile.

3. Data Perangkat Mobile: Lakukan Enkripsi Data

Cara ini perlu dan sangat penting dilakukan demi keamanan perangkat mobile Enkripsi merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk yang masih bisa dibaca dengan syarat jika anda memiliki kredensial yang tepat. Dengan enkripsi ini anda bisa memberikan perlindungan data tambahan seandainya perangkat mobile anda hilang bahkan dicuri. Metode ini sama seperti saat anda membuka layar yang terkunci dengan kunci layar yang aman.

4. Data Perangkat Mobile: Teliti Pada App Permissions

Ketika anda meng-install aplikasi pada perangkat mobile, perhatikan hal berikut ini :

  1. Pastikan aplikasi yang akan anda download berasal dari pengembang terpercaya.
  2. Membaca beberapa ulasan dan memperhatikan permintaan izin aplikasi. Jika permintaan meminta akses ke daftar kontak , anda mungkin harus berpikir dua kali tentang  permintaan hal seperti itu.

5. Data Perangkat Mobile: Gunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah teknologi yang mampu membuat akses data pengguna menjadi aman dan nyaman. VPN juga mampu menghilangkan semua blokir situs, ancaman serta kerisauan sewaktu menjelajah internet. Tak ada salahnya anda gunakan VPN demi keamanan perangkat anda. Anda bisa mendapatkan VPN client secara gratis ataupun berbayar.

Share:

Leave a reply