Legen, Minuman Legenda Khas Tuban Untuk Berbuka Puasa

0
Share:

www.an.tv – Hampir setiap daerah memiliki makanan dan minuman khas. Di Jakarta, warga Betawi punya minuman khas bir pletok, Jepara punya minuman khas dawet. Nah di Kabupaten Tuban, Jawa Timur,  juga punya minuman khas, yaitu legen. Minuman legen dibuat secara alami oleh petani yang menyadap getah pohon siwalan yang banyak tumbuh di kawasan perbukitan kapur Tuban. Proses pengambilan getah dilakukan pada sore hari, menjelang waktu berbuka puasa.Uniknya, getah pohon siwalan ini tidak membutuhkan campuran bahan lain maupun proses lanjutan. Para petani sudah bisa menjual legen segar langsung kepada konsumen di bawah pohon.

jual-legen-3

Jika Bingung memilih minuman segar untuk buka puasa? Minuman legen bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalgai jika Anda yang sedang bepergian melintasi jalur pantura, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, bisa  singgah dan  mencicipi minuman khas tradisional legen asli Tuban ini. Rasanya… wow…segar dan manis, membuat sadapan getah pohon siwalan ini sangat pas dijadikan penghilang dahaga saat berbuka puasa. Sepintas legen memang berwarna agak keruh, namun bukan berarti minuman ini tidak layak konsumsi, pasalnya legen yang berwarna keruh seperti ini adalah legen kwalitas asli tanpa campuran air maupun pemanis buatan.

ambil-legen-6

Bagi warga Tuban, minuman legen menjadi  minuman yang istimewa saat bulan Ramadhan tiba.  Kondisi alam yang panas dan kering membuat legen banyak diminati.

“Selain murah, minuman ini rasa khas dan menyegarkan. Selama bulan suci Ramadhan  legen menjadi minuman favorit saat berbuka puasa, “ ujar Yuli, salah satu penikmat minuman legen.

minuman-legen-1

 

Datangnya bulan suci Ramadhan seperti sekarang ini menjadi berkah bagi penjual legen. Bahkan sejumlah warga rela menjadi penjual legen dadakan, pasalnya minuman banyak diminati pembeli selama bulan ramadhan.

Nah, Bagi Anda yang berminat merasakan nikmatnya legen asli Tuban, bisa pergi ke pelosok desa untuk mendapatkan legen asli yang baru diambil dari pohon siwalan. Untuk satu botol besar ukuran satu setengah liter minuman legen, Anda cukup membayar Rp. 8500 saja.

Laporan Hartono Ranggalawe dari Tuban, Jawa Timur.

Share:

Leave a reply