Cara Membuat Baju Adat Dari Kulit Kayu

0
Share:

www.an tv – Baju dari kulit kayu merupakan baju adat dari masyarakat terasing Suku Bunggu yang masih dilestarikan saat ini, di Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat. Proses pembuatan baju ini sangat sederhana namun hanya orang tertentu saja yang bisa membuatnya. Beginilah proses pembuatan baju adat yang terbuat dari kulit kayu yang merupakan baju adat masyarakat terasing Suku Bunggu yang ada di Kabupaten Mamuju Utara.

Sebelum membuat baju adat ini mereka mencari kayu jenis malo atau tea kayu yang hanya ada di sekitar hutan tempat masyarakat Suku Bunggu berdomisili. Kayu yang sudah disiapkan tersebut kulit kayunya dikupas menggunakan pisau atau parang, proses mengupas kulit kayu tersebut harus berhati-hati agar kulit kayunya tidak robek. Setelah itu kulit kayu yang habis dikupas tersebut dipukul- pukul hingga melebar, selanjutnya dijemur selama 2 hari, lalu dijait menjadi baju.

Baju dari kulit kayu ini untuk saat ini sudah tidak di pakai dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Suku terasing Bunggu. Baju adat dari kulit katu ini hanya dipakai oleh masyarakat Suku Bunggu tersebut pada saat menari ataupun dalam menyambut tamu terhormat yang berkunjung ke desa suku terasing tersebut.

 

Dari Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, Gusni Kardi, Mengabarkan.

 

Share:

Leave a reply