Apa Arti Dari Augmented Reality? Simak Ulasannya Berikut Ini!!!

0
Share:
Apa Arti Dari Augmented Reality

www.an.tv – Akhir-akhir ini, masyarakat pasti sering mendengar istilah teknologi Augmented Reality. Bagi para pengguna perangkat mobile khususnya, istilah Augmented Reality sudah sering muncul di berbagai platform. Augmented Reality sering kita temukan pada aplikasi berbasis navigasi atau pada permainan yang terdapat di smartphone. Lalu apa sebenarnya Augmented Reality itu? Arti dari Augmented Reality (AR) atau Realitas Tertambah adalah teknologi yang menggabungkan benda-benda maya (baik berdimensi 2 dan/atau berdimensi 3). Kemudian benda-benda nyata ke dalam sebuah lingkungan nyata berdimensi 3. Lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata agar terintegrasi dan berjalan secara interaktif dalam dunia nyata.

Dalam kata lain, Augmented Reality adalah istilah yang digunakan untuk menyebut suatu penerapan teknologi, yang memadukan tampilan suatu elemen (teks, gambar, atau suara) yang dihasilkan oleh aplikasi smartphone dengan tampilan dunia nyata dalam waktu yang sama.

1. Apa Arti Dari Augmented Reality: Aplikasi dan contoh Augmented Reality

Teknologi Augmented Reality telah diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan seperti bidang kesehatan, industri, militer, navigasi, game, dan juga hiburan. Salah satu contoh penerapan teknologi Augmented Reality dalam bidang game adalah hadirnya game-game dengan teknologi Augmented Reality, salah satunya adalah Pokemon-Go. Game keluaram Nintendo dan Niantic ini sukses menginovasi game melalui teknologi Augmented Reality berbasis lokasi yang mengharuskan para Pokemon Hunters bergerak dan berkeliling untuk menangkap pokemon.

Dalam bidang kesehatan, teknologi Augmented Reality dapat digunakan pada pemeriksaan sebelum operasi seperti CT Scan atau MRI yang memberikan gambaran kepada ahli bedah mengenai anatomi internal pasien. Dari gambar-gambar tersebut, kemudian pembedahan direncanakan.

2. Apa Arti Dari Augmented Reality: Piranti Augmented Reality

Pada umumnya Augmented Reality membutuhkan alat masukkan (input device) seperti kamera atau webcam. Alat keluaran (output device) seperti monitor atau Head Mounted Display (HMD), alat pelacak (tracker) agar benda maya tambahan berupa penanda (marker) yang dihasilkan berjalan secara real-time.

3. Apa Arti Dari Augmented Reality: Cara Kerja Augmented Reality

Augmented Reality bekerja berdasarkan deteksi citra, dan citra yang digunakan adalah marker. Prinsip kerjanya adalah kamera yang telah diatur dan dibuat programnya akan mendeteksi marker yang diberikan, kemudian setelah mengenali dan menandai pola marker. Webcam akan melakukan perhitungan apakah marker sesuai dengan database yang dimiliki. Bila tidak, maka informasi marker tidak akan diolah, tetapi bila sesuai maka informasi marker akan digunakan untuk me-render dan menampilkan objek 3D atau animasi yang telah dibuat sebelumnya.

ANTVLovers, pastinya sekarang sudah tahu dong apa itu Augmented Reality. Semoga artikel di atas tadi bermanfaat bagi kamu semua..

Share:

Leave a reply