5 Hidangan Khas Saat Lebaran

0
Share:

www.an.tv – Lebaran sebentar lagi… Alhamdulillah tidak terasa datangnya lebaran tinggal menghitung hari. Berbicara tentang lebaran, memang tidak lepas dari tradisi mudik, bermaaf-maafan, hingga baju baru. Tidak hanya itu, acara makan-makan saat Idul Fitri menjadi hal yang sangat dinantikan karena makanan tersebut hanya ada disaat hari raya saja.

Apa saja sih makanan-makanan yang wajib ada saat lebaran? Berikut ulasannya :

1. Ketupat

Ketupat tentu menjadi makanan yang tak asing bagi kaum muslim ketika Idul Fitri. Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda (janur). Tentu aja, Lebaran nggak lengkap tanpa adanya ketupat. Seperti sudah menjadi kebiasaan bagi semua Muslim, setelah melakukan Shalat Ied, semuanya pasti buru-buru pulang ke rumah demi menyantap ketupat bersama keluarga tercinta. Biasanya ketupat dimakan bersama lauknya, seperti opor ayam, sayur labu siam, maupun rendang.

5 Hidangan Khas Saat Lebaran

5 Hidangan Khas Saat Lebaran

2. Opor Ayam

Opor ayam merupakan masakan yang sangat dikenal di Indonesia. Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelah barat. Meskipun demikian, masakan ini juga telah dikenal luas di daerah lain. Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Dalam tradisi Jawa, perayaan Idul Fitri biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat yang disajikan dengan opor ayam dan sambal goreng ati.

5 Hidangan Khas Saat Lebaran

5 Hidangan Khas Saat Lebaran

3. Rendang

Rendang merupakan salah satu teman makan ketupat yang sangat menarik perhatian. Rendang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat.

5 Hidangan Khas Saat Lebaran

5 Hidangan Khas Saat Lebaran

4. Sambel Goreng Kentang

Sambal goreng kentang merupakan makanan sehari-hari yang mudah ditemukan. Namun pada saat lebaran, sambal goreng kentang menjadi pilihan teman makan ketupat yang tidak boleh terlupakan. Sambal goreng kentang terdiri dari potongan kentang berbentuk dadu yang diolah dengan berbagai rempah pilihan. Biasanya juga dicampur dengan hati sapi, ampela, petai, dan wortel. Enaknya citarasa sambal goreng kentang yang pedas dan warnanya yang menarik pastinya akan membuat ketupat yang kita santap menjadi lebih nikmat.

5 Hidangan Khas Saat Lebaran

5 Hidangan Khas Saat Lebaran

5. Semur

Semur yang berasal dari kata “Smoor” yang berarti masakan yang direbus dengan tomat hingga empuk. Semur adalah hidangan daging rebus dari Indonesia yang diolah dalam kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombay, pala dan cengkeh. Semur memiliki kenikmatan tersediri saat disantap bersama ketupat. Oleh karena itu, semur menjadi hidangan wajib yang pasti ada saat Idul Fitri.

5 Hidangan Khas Saat Lebaran

5 Hidangan Khas Saat Lebaran

 

 

 

 

Share:

Leave a reply