Tradisi Lebaran

227
0
Share:
Tradisi Lebaran

www.an.tv – Ada beberapa kegiatan yang sudah menjadi tradisi lebaran bagi masyarakat Indonesia. Tradisi saat lebaran ini sudah terjadi secara turun-temurun sebagai warisan budaya bangsa yang masih dilestarikan hingga saat ini. Karena keunikan serta keistimewaan itulah, tradisi-tradisi lebaran di Indonesia ini selalu dinantikan dan dirindukan oleh beberapa masyarakat yang merayakannya.

Mau tahu apa saja sih 7 tradisi Lebaran di Indonesia yang paling dinantikan? berikut ulasannya :

1. Mudik

Lebaran merupakan salah satu momentum bagi umat Islam untuk mudik atau pulang kampung. Orang-orang rela antre, berdesak-desakan serta macet panjang demi bisa melaksanakan tradisi pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga saat lebaran. Mudik adalah kegiatan perantau atau pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan.

Tradisi Lebaran

Tradisi Lebaran

2. Halal bi Halal

Halal bi halal adalah istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan tradisi mengunjungi sanak saudara, kerabat, teman dan kolega saat hari lebaran tiba untuk menyambung kembali tali silaturahmi dan memanfaatkan momen tersebut untuk saling maaf memaafkan.

Tradisi Lebaran

Tradisi Lebaran

3. Takbir Keliling

Kemeriahan malam lebaran selalu ditandai dengan kumandang takbir yang merupakan wujud rasa syukur menyambut hari kemenangan setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Wujud kebahagiaan tersebut biasanya dirayakan masyarakat dengan mengadakan berbagai pawai keliling kota dengan membawa bedug dan pengeras suara sambil mengumandangkan takbir.

Tradisi Lebaran

Tradisi Lebaran

4. Makanan Khas Lebaran

Lebaran kurang lengkap tanpa hidangan khasnya. Salah satu idangan khas lebaran adalah ketupat. Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda (janur). Biasanya ketupat dimakan bersama lauknya, seperti opor ayam, sayur labu siam, maupun rendang.

Tradisi Lebaran

Tradisi Lebaran

5. Tunjangan Hari Raya (THR)

Salah satu kebahagiaan lain saat merayakan hari raya Idul Fitri yaitu THR. THR atau Tunjangan Hari Raya adalah istilah yang digunakan untuk menyebut uang saku yang diberikan saat hari lebaran tiba. Biasanya tradisi unik THR berbentuk pecahan uang kecil yang dibagi-bagikan kepada anak-anak saat momen Halal bi Halal. Selain itu, istilah THR juga digunakan untuk menyebut bonus atau tunjangan tahunan yang biasanya diberikan kepada beberapa karyawan perusahaan dalam bentuk uang tunai.

Tradisi Lebaran

Tradisi Lebaran

6. Petasan

Meski jauh-jauh hari sudah ada himbauan dan razia, petasan tetap muncul di sana sini, terutama di daerah perkampungan. Tradisi unik ini susah untuk dihilangkan karena sudah ada sejak jaman dahulu. Setiap Lebaran tiba, pasti banyak orang berjualan kembang api dan petasan. Petasan menjadi salah satu pelengkap hari raya.

Tradisi Lebaran

Tradisi Lebaran

7. Baju Baru

Sebenarnya kita dapat membeli baju baru kapan saja, namun tradisi membeli baju baru seakan tidak bisa lepas dari moment lebaran. Menjelang hari raya, banyak orang berbondong-bondong mengunjungi pusat perbelanjaan untuk membeli baju baru yang akan digunakan ketika lebaran nanti. (F.I)

Tradisi Lebaran

Tradisi Lebaran

Share:

Leave a reply