Tips Berkendara Motor Agar Aman Saat Mudik Lebaran

175
0
Share:
Tips Berkendara Motor Agar Aman Saat Mudik Lebaran

www.an.tv – Setiap tahunnya pemudik Lebaran selalu bertambah, pemudik tidak hanya memakai bus umum, kereta, ataupun mobil, banyak juga yang memakai kendaraan roda dua saat mudik Lebaran. Saat mudik dengan menggunakan motor tentunya harus mempunyai persiapan yang exstra. Berikut ada beberapa tips berkendara motor agar aman saat mudik Lebaran seperti dirangkum dari berbagai sumber dan telah dirangkum oleh ANTV:

1. Siapkan Fisik Sebelum Mudik

Saat mudik menggunakan motor tentunya membutuhkan konsentrasi dan stamina yang kuat. Apabila kesehatan sedang fit dan bugar selama perjalanan mudik, Anda bisa terhindar dari hilangnya konsentrasi saat mengendarai motor. Karena hilangnya konsentrasi bisa berakibat buruk bagi pengendara motor ketika perjalanan mudik, hal paling fatal yang bisa terjadi adalah bisa mengalami kecelakaan. Jadi pastikan kesehatan Anda sedang fit dan bugar.

2. Periksa Kondisi Kendaraan

Pastikan kondisi kendaraan yang akan Anda gunakan dengan keadaan fit. Cek semua bagian kendaraan seperti lampu, klakson, kondisi mesin, rem dan juga pastikanlah kondisi ban selalu baik dan tidak gundul, karena ban merupakan faktor utama yang paling penting pada motor.

Tips Berkendara Motor Agar Aman Saat Mudik Lebaran

Tips Berkendara Motor Agar Aman Saat Mudik Lebaran

3. Jangan Bawa Barang Berlebihan

Saat anda mudik menggunakan motor membawa barang berlebihan adalah hal yang sangat membahayakan. Karena dengan membawa barang dapat memicu kecelakaan. Agar tetap aman bawalah barang bawaan yang sesuai dengan daya angkut motor.

4. Istirahat Setiap 2 Jam Perjalanan

Jangan paksa tubuh Anda untuk terus berkendara agar sampai cepat kampung halaman, hal ini dapat menyebabkan tubuh Anda cape dan berkurangnya konsentrasi berkendara. Sebisa mungkin luangkan waktu untuk istirahat setiap 2 jam sekali agar kondisi badan kembali fit. Carilah tempat yang aman dan nyaman untuk istirahat.

5. Bawa Perlengkapan Pendukung

Tips berkendara motor agar aman saat mudik lebaran yang terakhir adalah jangan lupa membawa perlengkapan yang nantinya akan Anda butuhkan. misalnya seperti jas ujan. Usahakan memakai jas ujan celana baju, karena jas ujan ponco sangat rawan tersangkut kendaraan samping. Cuaca tidak bisa diprediksi walaupun ada perkiraan cuaca dari berita. Selain itu jangan lupa juga membawa perlengkapan pribadi misalnya obat-obatan yang Anda butuhkan.

Tips Berkendara Motor Agar Aman Saat Mudik Lebaran

Tips Berkendara Motor Agar Aman Saat Mudik Lebaran

Share:

Leave a reply