Tips Anti Repot Saat Mudik di Mobil

202
0
Share:
Tips Anti Repot Saat Mudik di Mobil

www.an.tv – Tak lama lagi hari Lebaran akan tiba. Tak hanya merayakannya dengan membeli baju baru dan makan-makan, ada satu tradisi Lebaran yang juga tak kalah penting, yaitu mudik. Tradisi mudik atau pulang kampung ini biasanya mulai ramai menjelang hari raya.

Kalau Anda menggunakan mobil pribadi, siap-siap saja menghadapi kemacetan panjang yang selalu ada tiap tahunnya. Karena rasanya mustahil untuk menghindari macet tersebut, kami berikan beberapa tips yang (setidaknya) bisa membuat Anda menikmati macet di jalan selama mudik, yang dilansir dari womentalk dan dikutip oleh ANTV :

1. Membawa makanan dan minuman yang cukup

Terkadang Anda diharuskan berbuka puasa di dalam mobil karena terjebak macet. Kalau pun sedang tidak macet, Anda akan malas untuk berhenti karena, “Mumpung sedang kosong lebih baikgasssterus.” Nah, untuk berbuka dan memuaskan rasa lapar lebih baik Anda membawa makanan dan minuman. Bekal yang Anda bawa juga bisa mengganjal lapar sampai menemukan tempat makan terdekat.

Tips Anti Repot Saat Mudik di Mobil

Tips Anti Repot Saat Mudik di Mobil

2. Menyiapkan playlist musik

Musik memegang peranan penting karena dapat membuat Anda tetap semangat menjalani mudik. Berangkat dari pengalaman pribadi, terkadang saya tidak menemukan musik yang asyik saat memutar radio di tengah perjalanan mudik. Apalagi kalau sudah memasuki daerah-daerah pelosok, terkadang radio yang tertangkap sinyal memutarkan lagu-lagu yang ‘enggak banget’. Bahkan terkadang saya tidak mendapatkan sinyal radio sehingga harus berkendara dalam keadaan sunyi senyap. Dengan menyiapkan playlist dari rumah, Anda dapat mendengarkan musik favorit setiap saat. Mudah-mudahan saja pilihan musik tersebut dapat mengusir kebosanan Anda selama mudik!

3. Sediakan ruang di dalam mobil 

Biasanya, nih, mudik dengan mobil menjadi favorit karena Anda bisa membawa banyak barang di dalamnya. Namun saking kebanyakan, untuk duduk saja harus berhimpitan. Kami sarankan untuk mengosongkan ruang di mobil dengan cara mengirimkan barang terlebih dahulu ke daerah tujuan mudik Anda. Gunakan jasa ekspedisi untuk mengirim barang-barang yang tidak gampang pecah seperti baju. Ruang kosong yang tersisa akan sangat berguna saat mobil terjebak macet. Sebagai penumpang Anda jadi bisa beristirahat dengan berselonjor atau mencoba posisi lain. Tak hanya itu, sebagai pengemudi pun Anda akan lebih mudah menyetir karena beban mobil lebih enteng.

4. Menyimpan video-video menarik dalam gadget

Jika sebelumnya kita membahas musik dan sinyal radio, kali ini kita akan membahas sinyal internet. Sama halnya dengan radio, terkadang Anda tidak mendapatkan sinyal internet yang bagus saat sedang mudik. Ini akan membuat aktivitas mengecek media sosial terganggu, dan berujung pada rasabete. Untuk itu, persenjatai gadget Anda dengan kumpulan video dan film yang menarik sehingga bisa ditonton tanpa koneksi internet. Beberapa layanan streaming film dan YouTube bahkan menyediakan feature offline, yang memudahkan pengguna mengakses video tanpa internet.

5. Bawa baterai cadangan danpowerbank

Karena gadget juga memegang peran penting untuk memerangi kebosanan di kala mudik, Anda pun harus siap sedia membawa baterai cadangan dan powerbank. Maklum saja, jika digunakan terus menerus daya tahan gadget akan mati dalam beberapa jam saja. Bayangkan kalau smartphone Anda tiba-tiba mati padahal perjalanan masih jauh, Anda pasti mati gaya. Anda juga bisa menyiapkan charger mobil untuk mengisi baterai ponsel.

Tips Anti Repot Saat Mudik di Mobil

Tips Anti Repot Saat Mudik di Mobil

6. Memakai baju dan sepatu yang nyaman

Anda mungkin akan terjebak berpuluh-puluh jam di dalam mobil saat mudik. Oleh karena itu, gunakan busana yang nyaman seperti kaos, celana pendek, dan sepatu atau sandal yang nyaman. Pilih busana dengan bahan yang menyerap keringat, karena panas dan teriknya matahari masih bisa dirasakan meski Anda berada di dalam mobil ber-AC.

7. Sedia tisu basah

Tisu basah erat hubungannya dengan fenomena mudik yang menjadi momok tiap tahunnya. Momok tersebut adalah mengantre di toilet umum yang terkadang tidak ada tisu dan airnya habis. Protes kepada penjaga toilet pun akan sia-sia saja karena banyak orang lain yang mau menggunakan toilet tersebut, meski tak layak pakai. Untuk mengatasinya gunakan tisu basah. Kalau Anda masih merasa tidak higienis, ganti celana dalam Anda dengan celana yang baru dan masih bersih.

 

Share:

Leave a reply