Pembangunan Underpass Kuningan-Mampang, Kemacetan Semakin Menggila

129
0
Share:

www.an.tv – Pembangunan underpass Kuningan – Mampang sepanjang kurang lebih 800 meter dengan lebar 20 meter atau empat lajur jalan itu berdampak kemacetan parah terutama saat jam pulang kantor akibat terjadinya penyempitan jalan. Pantauan tim TOPIK ANTV, kendaraan merayap perlahan saat terjebak kemacetan di sekitar lokasi proyek underpass Kuningan, Jakarta Selatan.

Pengguna jalan dihimbau untuk menghindari perempatan Kuningan – Mampang selama setahun. Himbauan ini disampaikan terkait adanya pembangunan terowongan atau underpass di perempatan yang menjadi titik pertemuan Jalan Rasuna Said, Gatot Subroto, dan Mampang Prapatan itu.  Selama pembangunan underpass, tidak akan ada penutupan jalan. Namun, akan dilakukan pembatasan dan pengaturan lalu lintas. Hal itu dilakukan karena adanya pengurangan lebar jalan dan jumlah lajur jalan.

Dalam upaya membatasi kendaraan yang melintas di perempatan Kuningan – Mampang, Pemerintah Provinsi DKI mengimbau agar warga memilih melintas di jalan lain, sebagai berikut:

– Kendaraan dari arah Ragunan yang akan menuju Blok M, diarahkan untuk melalui Jalan Mampang Prapatan VII, Jalan Bangka dan seterusnya

– Kendaraan dari arah Ragunan yang akan menuju Pancoran diarahkan untuk dapat melalui Jalan Duren Tiga, Pasar Minggu dan seterusnya

– Kendaraan dari Blok M yang hendak menuju Semanggi diarahkan untuk dapat melalui Jalan Kuningan Barat, Gatot Subroto, dan seterusnya. Kendati demikian, pengguna jalan diminta tetap menyesuaikan imbauan ini dengan pengaturan ganjil genap.

– Kendaran dari Menteng yang hendak menuju Ragunan diarahkan untuk dapat melalui Jalan Taman Patra Terusan, Jalan Gatot Subroto, dan seterusnya.

Selain mengimbau pengguna jalan agar melintas di jalan lain, hal lain yang dilakukan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di perempatan Kuningan – Mampang, adalah dengan memberlakukan larangan belok kanan yang berlaku masing-masing sebagai berikut:

– Di simpang Mampang kendaraan dari arah Menteng atau Kuningan yang akan belok kanan menuju Blok-M dialihkan belok kiri ke Jalan Tendean untuk kemudian putar balik di depan Gedung Trans TV untuk kemudian melintas di flyover Mampang dan seterusnya.

Sementara itu,  kendaraan dari arah Ragunan yang hendak belok kanan ke arah Pancoran dialihkan belok kiri di Jalan Tendean, untuk kemudian berputar di u-turn Santa, untuk seterusnya melintas di flyover Mampang.

– Di simpang Kuningan, lalu lintas dari Semanggi yang akan belok kanan menuju Ragunan diarahkan untuk belok kiri ke Jalan HR Rasuna Said untuk kemudian berputar di u-turn depan Gedung Ariobimo/Tempo Scan.

( Laporan : Limystina Novatra )

 

Share:

Leave a reply