Cedera, Aksi Heroik Kiper Timnas Indonesia Riyandi Terhenti

Share:

www.an.tv- Aksi kiper Timnas Indonesia Muhammad Riyandi di ajang Piala AFF U-18 2017 di Myanmar mengundang kekaguman banyak orang. Selain itu aksinya juga sering membuat penyerang tim lawan jengkel, betapa tidak, mereka sudah yakin tendangan yang mengarah di gawang Indonesia akan berbuah gol.  Namun ternyata Riyandi menggagalkan serangan yang nyaris menjadi gol itu. Tapi apa boleh buat, aksi Riyandi dibawah mister tim nasional Indonesia harus terhenti, paling tidak untuk beberapa bulan kedepan.  Riyandi juga tak bisa tampil saat Tim nasional U-19 Indonesia melakoni laga hidup-mati melawan Brunei Darussalam pada penyisihan Grup B Piala AFF U-18, Rabu (13/9/2017).

Saat Indonesia melawan Vietnam, Senin (11/9),  kiper Timnas Indonesia Muhammad Riyandi mengalami cedera dan terpaksa diganti sebelum jeda istirahat babak pertama. “Cedera Riyandi didapat karena salah tumpuan saat jatuh di laga Indonesia vs Vietnam. Kami perkirakan butuh waktu 6 bulan untuk masa penyembuhan Riyandi,” jelas Dokter Tim Indonesia, Ifran.

Malam harinya Riyandi dibawa ke Rumah Sakit Shwe Gon Dine, Yangon untuk dilakukan magnetic resonance imaging (MRI). Dan pada hari Selasa (12/9) malam hasil MRI menyatakan bahwa Riyandi mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL).

“Sesuai hasil MRI di RS Shwe Gon Dine, Muhammad Riyandi mengalami cedera Complete ACL Tear (Right) plus Tear Meniscus (Right),” kata dokter Timnas U-19, Ifran.

Akibatnya,  kiper Timnas Indonesia Muhammad Riyandi harus beristirahat, tak hanya harus istirahat saat teman-temannya bertanding memperebutkan satu tiket ke semifinal, Riyandi paling tidak harus beristirahat dan menyembuhkan cedera paling tidak untuk enam bulan ke depan. Kondisi ini memaksanya hanya menyaksikan rekan-rekannya berlaga merebut tiket ke semifinal Piala AFF U-18.

Ifran menjelaskan kondisi mental kiper berusia 17 tahun tersebut saat ini sudah dalam situasi yang stabil “Memang Riyandi sempat sedih, tapi dia sudah seperti biasa lagi. Kami disini semua memberikan motivasi serta dorongan semangat agar dia cepat sembuh. Situasi mentalnya sudah stabil sekarang,” jelas sang dokter, Karenanya  kiper Timnas Indonesia Muhammad Riyandi saat ini akan terus bersama seluruh skuat Timnas U-19, ia pun menjalani terapi dan proses penyembuhan di Hotel.

Tentu cedera ini bukan akhir dari aksi gemilang kiper berusia 17 tahun ini. Masih panjang jalanmu Riyandi.

Share:

Leave a reply