10 Lutung Jawa Asal Kebun Binatang Inggris, Sudah Tiba Di JLC

0
Share:

www.an.tv – Lembaga konservasi hewan Javan Langur Center , Coban  Talun  Kota Batu, menerima repatriasi 10 Lutung Jawa dari kebun binatang Inggris. Nantinya Lutung asli Jawa ini akan jalani proses adaptasi sebelum dilepasliarkan ke alam bebas.

Sepuluh Lutung Jawa repatriasi dari  Inggris tiba di pusat rehabilitasi Lutung  di Java Langor Center . Lutung akan jalani proses adaptasi lingkungan sebelum di lepasliarkan ke alam bebas.

Lutung yang tiba terdiri dari 7 Lutung Jantan dan 3 Lutung Betina. 6 ekor Lutung berasal dari repatriasi akibat over populasi, sedangkan 4 lainnya merupakan hasil penertiban dari kepemilikan warga sipil dari Jakarta dan Ciamis.

Disini, Lutung akan beradaptasi tentang lingkungan baru, adaptasi  pola pangan, hingga proses pengelompokan dengan lutung lain. Setelah dirasa mampu beradaptasi, lutung akan dilepasliarkan ke alam bebas.

Waktu adaptasi Lutung terhadap pola hidup dan lingkungan baru bergantung individu Lutung. Dari 4 hingga 8 bulan tersebut Lutung dinyatakan siap di lepasliarkan.

Menurut Manager Projek JLC, Lutung yang baru datang di JLC pertama, akan diadaptasi terlebih dahulu karena ada perubahan lingkungan yang berbeda dan untuk pola makan sementara akan menyesuaikan dengan tumbuhan di sekitar Coban Talun. Rencana Lutung yang baru tiba di Java Langor Center akan di lepaskanliarkan setelah menjalani proses adaptasi.

Demikian Laporan Edy Cahyono Dari Batu, Jawa Timur

Share:

Leave a reply