Kartini Masa Kini, Korps Wanita Angkatan Darat Ikut Bantu Pengecoran Jalan

0
Share:

www.an.tv – Bicara tentang Kartini tidak lepas dari emansipasi wanita, tak hanya mengurus urusan keluarga atau mengurus catatan di balik meja kerja, wanita-wanita tangguh juga kian banyak bermunculan seperti Korps wanita Angkatan Darat (Kowad), meski harus ikut mengeluarkan tenaga di tengah teriknya matahari tak melunturkan semangatnya untuk ikut membantu warga membangun jalan.

Kegiatan TNI Mannunggal Membangun Desa atau TMMD adalah kegiatan satuan TNI untuk membatu warga seperti membangun jembatan atau jalan. Di Kudus Jawa Tengah satuan Korps wanita Angkatan Darat atau (Kowad) ikut turun membantu pembuatan jalan penghubung di Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

Korps Wanita Angkatan Darat yang biasanya hanya menjadi staf dan bekerja di balik meja dan kursi kini ikut turun langsung ke lapangan untuk membangun desa, meskipun mereka harus menggunakan alat yang biasa digunakan laki-laki seperti cangkul dan sekop para Kowad tersebut tetap semangat melaksanakan tugasnya sebagai prajurit wanita.

Dengan ikut melaksanakan TMMD mereka para Korps Wanita Angkatan Darat ikut merasakan suka duka bekerja ditengah terik mata hari yang menguras tenaga menurut Pelda Kowad Umi Hanik kedepannya wanita dituntut untuk bisa terus berkembang menghadapi emansipasi dan diuntut bisa mengimbagi peran laki-laki.

Korps Wanita Angkatan Darat sengaja diikutkan dalam TMMD kali ini untuk memperingati hari Kartini, tujuanya agar Korps Wanita Angkatan Darat bisa ikut merasakan seperti apa bekerja di lapangan layaknya para prajurit laki-laki.

Walaupun emansipasi wanita memang harus ada tapi pekerjaan antara wanita dan pria juga memiliki batasan tersendiri. Meski para Korps Wanita Angkatan Darat ikut terjun langsung dalam kegiatan TMMD pembangunan jalan dan jembatan namun porsi yang dilakukan Kowad hanya 50 persen dari porsi tentara laki-laki.

Meneladani perjuangan Raden Ajeng Kartini tidak cukup hanya berkebaya dan menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini saja tapi semangat pantang menyerah dan tidak melupakan kodratnya sebagai wanita menjadi inti dari keteladanan R.A. Kartini. Galih Manunggal mengabarkan dari Kudus Jawa Tengah

Share:

Leave a reply