Bebaskan Payudara, Sudahkah Kamu Rayakan “Hari Tanpa Bra” Sedunia?

0
Share:
Bebaskan Payudara di Hari Tanpa Bra

www.an.tv Kamu tahu nggak, tanggal 13 Oktober ini kita sedang merayakan hari apa? Nah.. Mungkin banyak dari kamu nggak tahu, bahwa hari ini kita merayakan “Hari Tanpa Bra Sedunia”.  Asal-usul peringatan hari tanpa bra ini memang tidak begitu jelas, namun perayaan hari tanpa bra ini sudah dimulai dari tahun 2011 di Inggris dan mulai mendapatkan perhatian pada tahun 2015 loh! Selain itu, perayaan “NoBraDay” dibuat juga sebagai bentuk kritik, karena lebih banyak orang lebih memperhatikan sisi seksualitas payudara, ketimbang kesadaran kesehatan wanita.

Selama satu hari di tanggal 13, media sosial diramaikan dengan hashtag #NoBraDay. Hashtag tersebut memang mengajak perempuan untuk tidak memakai bra seharian, tapi bukan berarti hanya untuk lucu-lucuan. Soalnya, Hari Tanpa Bra Sedunia mengajak seluruh perempuan agar concern pada kanker payudara yang terkenal ganas dan bisa merenggut nyawa.

Banyak dari kamu mungkin telah berpartisipasi dalam perayaan “NoBraDay” dari tahun ke tahun, berbagi tautan, cerita, hingga selfie pada kolom Instagram dan Twitter dengan menggunakan hashtag #NoBraDay. Banyak cerita yang dibagikan ini juga mendorong banyak perempuan berbagi pengalaman mereka sendiri terhadap penyakit kanker, atau bahkan cerita tentang orang-orang terkasih yang telah didiagnosis kanker payudara.

Asal muasal peringatan hari tanpa bra ini dikarenakan oleh bentuk perhatian bagi para wanita untuk meningkatkan kesadarannya terhadap pentingnya pemeriksaaan kanker payudara. Untuk menambah kesan pentingnya pesan ini, peringatan hari tanpa bra lahir di bulan Oktober, yang bertepatan dengan bulan kesadaran kanker. Meskipun perayaan ini dianggap kontroversial di mata beberapa orang, pesan ini mengingatkan kita para wanita, agar dapat mengenali gejala kanker payudara sejak dini, dengan melakukan pengecekan payudara sendiri.

Lalu, adakah manfaat dari melepaskan atau tidak memakai bra?

Jika dilihat dari hasil penelitian, penggunaan bra, apalagi yang tidak tepat ukuran, justru dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Padahal, selama bertahun-tahun para wanita diajarkan memakai bra untuk melindungi payudaranya.

Belum lama ini, hasil penelitian yang dilakukan oleh  Profesor Jean-Denis Rouillon, dari University of Besancon, Perancis menunjukkan bahwa tak ada manfaaat berarti dari pemakaian bra, payudara wanita justru akan lebih sehat tanpa pemakaian bra yang berperan sebagai penyangga.

Rouillon melakukan penelitian selama 15 tahun pada 330 wanita sebelum akhirnya sampai pada kesimpulan, bahwa bra bisa berbahaya bagi kesehatan payudara, karena bisa membuat payudara lebih gampang kendur, dan bahkan meningkatkan risiko nyeri punggung.

Sekarang gimana, apakah kamu termasuk wanita yang merayakan Hari Tanpa Bra Sedunia?

 

Share:

Leave a reply